Jumat, 10 Oktober 2014

TUGAS 2 PSIKOLOGI MANAJEMEN; PERENCANAAN DAN PENETAPAN MANAJEMEN

Perencanaan merupakan salah satu fungsi pokok manajemen yang pertama harus dijalankan. Sebab tahap awal dalam melakukan aktivitas perusahaan sehubungan dengan pencapaian tujuan organisasi perusahaan adalah dengan membuat perencanaan.
Perencanaan juga merupakan langkah utama yang penting dalam keseluruhan proses manajemen agar faktor produksi yang terbatas dapat diarahkan secara maksimal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Langkah-langkah dalam perencanaan yaitu sebagai berikut:

-          Menentukan tujuan yang akan dicapai : syarat tujuan jelas, dapat dicapai, dan tidak terlalu ringan.
-          Merumuskan keadaan saat ini.
-          Menentukan faktor-faktor yang mendukung dan yang menghambat tercapainya tujuan tersebut.
-          Merumuskan kegiatan yang harus dilaksanakan.
-          Mengimplemantasikan rencana dan mengevaluasi hasilnya.

Salah satu contoh kasus perancanaan yang dibuat manajemen adalah perencanaan laba. Laba merupakan tujuan utama dari perusahaan karena laba merupakan sellsih antara pendapatan yang diterima (dari hasil penjualan) dengan biaya yang dikeluarkan, maka perencanaan laba dipengaruhi oleh perencanaan penjualan dan perencanaan biaya. Perencanaan laba berisikan langkah-langkah yang akan ditempuh perusahaan untuk mencapai besarnya target laba yang diinginkan. Agar perencanaan laba berisikan langkah-langkah yang akan ditempuh perusahaan untuk mencapai besarnya target laba yang diinginkan.

Dalam usaha mempertahankan hidup serta memajukan perusahaan, manajemen dituntut bertindak kritis terhadap semua keputusan yang diambilnya. Karena setiap keputusan yang diambil manajemen akan berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan. Faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan perusahaan adalah laba. Untuk itu perlu adanya planning dalam suatu perusahaan agar tercapainya tujuan organisasi perusahaan.

Referensi:

herry.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/966/PERENCANAAN.pdf‎

Tidak ada komentar:

Posting Komentar