KOMUNITAS ONLINE
Komunitas adalah kumpulan orang
yang saling berinteraksi diantara anggotanya berdasarkan adanya kesamaan.
Komunitas terbentuk bisa karena kesamaan asal daerah dari anggotanya(misal:
Paguyuban Madura,Komunitas Lampung,Komunitas Anak Medan), kesamaan nama(misal:
Komunitas Asep), kesamaan hobby(misal: Komunitas Mancing Mania,Komunitas
Parkour), kesamaan profesi(misal: Lawyer Club, Ikatan Akuntan Indonesia),
kesamaan menggunakan produk tertentu(misal : Komunitas Yamaha Club,Komunitas Honda
Tiger), kesamaan ngefans klub olahraga(misal : komunitas MU Mania,Jak
Mania),kesamaan menggunakan platform online tertentu(misal: Komunitas
Blogger,Tweeps,Facebooker).
Sebuah komunitas harus melakukan
kegiatan rutin yang menandakan bahwa komunitas itu eksis. Dengan kata lain
sebuah komunitas tanpa kegiatan menandakan komunitas itu mati. Beberapa contoh
kegiatan rutin komunitas:Komunitas Parkour Jakarta rutin melakukan latihan
fisik di Senayan setiap weekend, Komunitas Sepeda Onthel rutin ngumpul dan bersepeda
ria saat Car Free day, Komunitas B-H-I rutin nongkrong bareng Jumat malam di
seputar Bunderan HI.
KOMUNITAS ONLINE dan KEUNIKANNYA
Komunitas online merupakan
komunitas yang mempunyai keunikan tersendiri. Dibilang unik karena para anggota
didalam sebuah komunitas online bisa secara bersama-sama melakukan suatu aksi
tanpa harus berkumpul di satu tempat.
Onliner New York, Denpasar, Palu, Jakarta,
Seoul, Semarang, Surabaya, Bandung yang bergabung dalam sebuah komunitas dapat
melakukan satu aksi kampanye secara berbarengan melalui internet (contoh:
Kampanye anti Global Warming,kampanye dukung Pulau Komodo,kampanye gemar
membaca buku). Namun onliner juga manusia,merasa tak afdol jika belum
berinteraksi langsung secara fisik dengan onliner lainnya. Terjadilah pertemuan
para onliner di dunia nyata yang umumnya dinamakan Kopdar.
Kopdar adalah suatu bentuk
komunikasi nyata pelaku dunia maya dimana orang yang ikut kopdar itu bisa
saling berkenalan secara pribadi atau sharing ilmu dan pengalaman. Tak bisa dipungkiri
bahwa secara psikologis jika sesorang rutin bertemu dan berinteraksi dengan
orang lain yang mempunyai kesamaan minat di sebuah komunitas akan menimbulkan
ikatan emosional tersendiri dihati orang tersebut terhadap komunitasnya.
KOMUNITAS ONLINE DAN PERANANNYA DALAM MASYARAKAT
Di era internet siapapun bisa
membuat dan menyebarkan informasi. Namun sepenting apapun informas itu,bila
hanya disuarakan satu orang onliner tentu saja gaungnya tidak akan kedengaran.
Disinilah peran sebuah komunitas online diperlukan. Sebuah informasi bila
disuarakan secara bersama-sama oleh komunitas Online tentu gaungnya akan besar
terdengar,yang bisa menarik perhatian media mainstream maupun pemerintah.
Setelah diberitakan oleh media mainstream tentunya informasi penting yang
digaungkan para onliner ini akan menjadi informasi yang diketahui banyak orang.
Komunitas online juga dapat
membentuk suatu aksi sosial ditengah masyarakat. Aksi-aksi sosial yang
dilakukan komunitas online ini pada umumnya merupakan kegiatan positif yang
nyata dengan tujuan membuat suatu perubahan yang lebih baik didalam masyarakat.
Beberapa contoh aksi sosial yang dilakukan komunitas online: Aksi
berinternet sehat dan belajar ngeblog oleh BandungBlogVaganza, Aksi
Gerakan Berbagi dan kampanye keselamatan berkendara oleh DBLOGGER, aksi
mengumpulkan buku untuk disumbangkan oleh DOT’S.
Sosial media yang digunakan oleh
komunitas online dapat menjadi kekuatan yang dahsyat melawan
ketidakadilan,penyimpangan,dan kesewenang-wenangan hukum dan juga pemerintah yang
berkuasa. Baru-baru ini kita melihat betapa dahsyatnya sosial media membentuk
kekuatan massa, yang bisa menjatuhkan pemerintah yang berkuasa,seperti
yang terjadi di Tunisia dan Mesir. Di Indonesia sendiri kekuatan aksi komunitas
online sudah terbukti bisa melawan ketidakadilan dalam hukum,seperti yang
terjadi pada Gerakan Koin Prita dan Gerakan dukung Bibit-Chandra.
Komunitas online merupakan sebuah
bentuk peradaban baru di kehidupan manusia. Komunitas online yang menggunakan
sosial media sebagai alatnya, secara perlahan membuat revolusi didalam
kehidupan masyarakat,menjadi penggerak sebuah perubahan dalam berbagai
bidang,baik dibidang sosial,politik,ataupun ekonomi.
Berikut adalah panduan bagaimana membuat komunitas online:
-
Sebagai motivasi untuk berbagai informasi,
percayalah dengan masukan dari member. Buat suasana yang nyaman dimana user
bias bebas mencurahkan pemikirannya ke anggota lain.
-
Buat agar komunitas mampu berubah sesuai dengan
peruahan proses dan konsep yang mungkin berlaku ditengah jalan sebagai
motivasi untuk berbagai informasi
-
Untuk membangun reputasi, dan perasaan bagian
dari komunitas adalah dengan membuat system yang memungkinkan anggotanya untuk
dikenali dan diberikan penghargaan sesuai kontribusinya.
Sumber :
Tanpa Nama. 2013. Diambil pada 3 November dari http://yoszuaccalytt.blogdetik.com
komunitas online perannya dalam masyarakat
Aditya Rizki. 2011. Peran Komunitas Online. Diperoleh 3
November 2013, dari http://www.adityarizki.net/2011/01/peran-komunitas-online-dalam-sebuah-komunitas-nyata/
Kompasiana. 2013. Manfaat Berkomunitas Online.Diperoleh 3
November 2013, dari
http://media.kompasiana.com/new-media/2013/04/11/manfaat-ber-komunitas-online-di-media-sosial-550289.html
http://media.kompasiana.com/new-media/2013/04/11/manfaat-ber-komunitas-online-di-media-sosial-550289.html
Wikipedia. 2013. Komunitas.Diperoleh 3 November 2013, dari
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunitas
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunitas
Wina Prinjani. 2012. Komunitas Online. Diperoleh 3 November
2013, dari
http://winap.blogspot.com/2012/10/psikologi-dan-teknologi-internet.html
http://winap.blogspot.com/2012/10/psikologi-dan-teknologi-internet.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar